Minggu, 15 Februari 2015

SISI LAIN DESA KLEPU



Keunikan Jalan Mbandung

Pacitan, klepukelis.blogspot.com--Jalan yang terletak di sebelah barat desa Klepu ini membentang sepanjang ±600 meter diatas desa Terbis Kabupaten Trenggalek. Jalan Kabupaten yang menghubungkan desa Klepu dengan desa Ketanggung ini sepintas sama seperti ruas jalan pedesaan yang naik turun dan berkelok-kelok, tetapi jika kita perhatikan dengan seksama ternyata jalan ini keberadaannya sangat unik. 

Mulai pertigaan Mbodeh kearah barat sampai Mbandung jalan raya Klepu juga berfungsi sebagai batas wilayah antara desa Klepu dengan desa Terbis, baru kemudian setelah Mbandung kearah barat ketanggung merupakan wilayah Terbis. Keunikan jalan ini mungkin merupakan satu-satunya jalan di Kabupaten Pacitan yang berada di wilayah Kabupaten lain, lebih tepatnya Jalan ini benar-benar melintas dan membelah di desa Terbis sepanjang ±600 meter. 

Ada sebuah cerita yang menyebabkan salah satu ruas jalan di Kabupaten Pacitan ini bisa melintas di wilayah Kabupaten Trenggalek.  Pada tahun yang belum diketahui, di Banaran telah di temukan sesosok mayat ketika hal ini di konfirmasikan ke desa Klepu dan desa Ketanggung tidak ada yang merasa kehilangan warganya. Baru kemudian ada yang mengakui bahwa mayat tersebut berasal dari warga desa Terbis, dan sejak saat itu sisi sebelah utara jalan raya Klepu ini menjadi wilayah desa Terbis sampai sekarang. Versi lain menyebutkan jika pada jaman dahulu kecamatan Panggul termasuk kekuasaan wilayah Kabupaten Pacitan.

Diolah dari beberapa sumber untuk blog klepukelis.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar