Senin, 23 Februari 2015

KELIS

Pacitan, Klepukelis.blogspot.com-- Kelis sebuah perkampungan tua yang telah ada sejak dulu sebelum berdirinya desa Klepu, terletak di Dusun Krajan Desa Klepu. Perkampungan Kelis daerahnya berbentuk bukit dan diapit persawaan. Tidak sulit untuk menjangkau wilayah ini,  hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama desa klepu melewati jalan peluran bisa dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.


Perkampungan Kelis tidak bisa dipisahkan dari sejarah Desa Klepu tempo dulu, konon menurut cerita Lurah desa Klepu yang ke-2 berasal  dari perkampungan ini, sehingga sampai sekarang banyak orang menyebut desa Klepu dengan sebutan Klepu Kelis.

Sebuah bangunan Masjid yang konon merupakan masjid tertua dan pertama yang berdiri didesa Klepu juga berada di perkampungan ini, belum diketahui secara pasti baik asal mula nama kelis maupun sejarah berdirinya masjid tersebut.

Sebagai gambaran yang menunjukkan kampung Kelis adalah Kampung tua, ialah  di temukannya beberapa benda kuno. Penemuan benda-benda kuno tidak sengaja ketika warga setempat melakukan penggalian tanah untuk pondasi rumahnya, mulai dari koin kuno dan peralatan rumah tangga  yang berusia tua. Sayangnya saat ini tidak bisa diketahui keberadaan benda-benda tersebut.


semoga sekelumit cerita tentang Kelis di atas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar